25 Jan 2018

Baterai Di Iphone Baru Tidak Awet ?

iphone
Ada kabar buruk bagi pemilik model IPhone terbaru. Menurut artikel ZDNet senin lalu, baterai di IPhone 8 dan X kemungkinan memiliki rentang hidup yang lebih pendek daripada model sebelumnya.

Baterai Iphone 8 Plus milik kontributor Adrian Kingsley Hughes memiliki siklus pengisian ulang pada tingkat yang mengkhawatirkan, tulisnya.

Baca juga


Siklus pengisian ulang terjadi saat baterai ponsel di cas dari nol hingga 100 persen. Biasanya, baterai ponsel mulai kehilangan efektivitasnya setelah 500 kali pengisian ulang. Sampai saat itu, mereka dapat menahan hingga 80 persen efektivitasnya. Setelah itu, biasanya mulai menurun untuk baterai pada umumnya.

Namun hanya dalam empat bulan, Kingsley Hughes menemukan bahwa IPhone barunya telah mencapai 91 siklus pengisian ulang, tingkat yang jauh lebih cepat daripada yang dia lihat di IPhone sebelumnya. Pada tingkat itu biasanya baterai sudah bertahan sekitar 20 bulan atau kurang, jika keausan diperhitungkan dalam perhitungan.

"Itu menakutkan, karna saya menganggap bahwa IPhone ini belum banyak digunakan dalam empat bulan selama saya miliki," katanya. "Dan itu bukan hanya saya, saya pernah mendengar dari pemilik IPhone X dan IPhone 8 lainnya yang mengatakan kepada saya bahwa siklus pengisian baterai mereka serupa dengan saya."

Berdasarkan pengalaman masa lalunya, Kingsley Hughes telah memperkirakan sebuah baterai akan bertahan setidaknya tiga tahun sebelum memasuki siklus pengisian ulang 500 kali, tulisnya. Sebagai penyebabnya mungkin dikarnakan fitur nirkabel dan pengisian cepat dari iPhone baru. Mereka membuat pengisian lebih mudah, jadi telepon lebih sering dicas. Sehingga menghasilkan siklus pengisian ulang yang dipercepat.

Klarifikasi

Namun, teknologi itu sendiri tidak berdampak pada rentang umur baterai. Mengecas ponsel dengan kabel dibandingkan tanpa kabel misalnya, tidak akan menambah usia baterai tiga bulan lebih lama.

"Tidak ada yang spesifik untuk teknologi pengisian nirkabel yang akan berdampak pada rentang masa pakai baterai," kata Ian Fogg, direktur senior IHS Markit. "Berapa lama sebelum Anda mencapai kapasitas 80 persen tergantung seberapa berat Anda menggunakan telepon Anda," katanya kepada TechNewsWorld. "Jika Anda terus-menerus melakukan streaming video, itu akan mengurangi kapasitas telepon jauh lebih cepat daripada jika Anda menggunakannya untuk browsing Web ringan."

"Masalah rentang hidup baterai tidak terbatas pada iPhone terbaru", kata Kyle Wiens, salah satu pendiri iFixit, yang memperbaiki iPhone dan gadget lainnya. "dia meremehkan betapa buruk masalahnya dengan iPhone yang ada," kata Wiens tentang Kingsley Hughes. "Kami cenderung melihat orang-orang perlu mengganti baterai mereka setiap 18 bulan," katanya kepada TechNewsWorld.

"Masa pakai baterai IPhone X sepertinya tidak selama iPhone 7", Wiens menambahkan. "Sepertinya iPhone X tidak mendapatkan baterai yang tahan lama seharian. Itu berarti Anda akan mengalami banyak siklus pengisian ulang."

Lain ceritanya dengan Kevin Krewell seorang analis utama di Tirias Research, masa pakai baterai iPhone X tidak menimbulkan masalah baginya, "Saya memiliki iPhone X, dan saya telah melihat masa pakai baterai yang sangat bagus dengannya sejauh ini," katanya kepada TechNewsWorld.

"Di CES, saya menggunakan IPhone X seharian penuh, sementara banyak orang jarang menggunakan ponsel mereka karna cemas harus menggunakan baterai eksternal," lanjutnya. "Saya pikir pengisian nirkabel bisa menjadi masalah karena jadi terlalu mudah ponsel melakukan pengisi daya beberapa kali dalam sehari," kata Krewell, "tapi siklus hidup untuk baterai lithium-ion adalah masalah untuk semua orang. Dalam jangka panjang, kita memerlukan teknologi baterai lain untuk ponsel, laptop, tablet dan mobil."

"Jika pengisian nirkabel mengarah ke pengisian yang lebih sering dan rentang daya tahan baterai yang lebih rendah, maka itu bukan masalah yang ada hanya pada Apple", kata Charles King, analis utama di Pund-IT. "Karena desain baterai relatif konstan dan kebanyakan vendor memasukkan opsi pengisian cepat dan nirkabel, saya berharap jumlah dan jangkauan pengguna yang lebih luas akan terpengaruh oleh masalah ini," katanya kepada TechNewsWorld.

CPU Throttling

Kehebohan baterai terbaru ini hadir dengan keputusan Apple yang kontroversial untuk mencekik prosesor pada model IPhone lawas dengan baterai berkapasitas rendah. Apple telah berusaha untuk mengatasi kegemparan atas langkah itu dengan menawarkan pengganti baterai untuk model lama dengan harga diskon sebesar US $ 29.

"Apple menangani masalah kinerja-throttling karena memiliki masalah teknis masa lalu, dengan perlahan-lahan bekerja dari penolakan untuk secara aktif menciptakan perbaikan," kata King. "Ya, itu bisa dilakukan dengan lebih baik, namun pelanggan tidak terlalu menghukum perusahaan tersebut karena kesalahan langkah sebelumnya, dan saya ragu mereka akan berbuat banyak untuk melukai Apple kali ini," tambahnya.

"Masalah sebenarnya adalah Apple telah berpura-pura bahwa Anda tidak benar-benar perlu mengganti baterai," kata Wiens iFixit, "dan sekarang jelas baterai harus diganti lebih sering daripada yang dilakukan ponsel lainnya."
Source: TechNewsWorld

*** Jika kamu memiliki pertanyaan, kritik, saran dan opini silahkan follow facebook kami dan kirim pesan disana.

Artikel Terkait

Baterai Di Iphone Baru Tidak Awet ?
4/ 5
Oleh