24 Jan 2018

DJI Meluncurkan 'Ultraportable' Drone Mavic Air

Mavic Air

DJI telah meluncurkan pesawat tak berawak Mavic Air, sebuah penerus dari Mavic Pro yang lebih dulu populer. Mavic Air berukuran lebih kecil, lebih ringan dan lebih cepat serta menjanjikan teknologi yang lebih canggih.

DJI adalah produsen drone terlaris dan baru-baru ini melihat saingan utamanya GoPro, keluar dari pasar.


Baca juga




Meskipun ini merupakan pengembangan dari Mavic Pro, Mavic Air akan dijual dengan harga lebih murah dari pendahulunya itu.

Ini akan dirilis pada tanggal 28 Januari mendatang dengan harga $799 di AS dan £769 di Inggris atau setara dengan Rp10.600.000; lebih murah $200/£330 dari Mavic Pro, yang saat ini masih tetap dijual DJI.


Meskipun hal itu membuat Mavic Airmenjadi lebih menarik bagi pembeli baru, namun seorang pembuat film mempertanyakan apakah perusahaan telah melakukan cukup banyak hal untuk meyakinkan para pengguna yang ada untuk meningkatkan versi.

"Untuk menarik pemilik Mavic Pro saat ini, ia harus menawarkan kualitas video yang lebih baik untuk menggoda mereka, karena mereka sudah membeli beberapa baterai cadangan yang tidak akan kompatibel dengan model baru ini, sama halnya dengan setiap model baru yang diusung DJI" komentar Philip Bloom kepada BBC.


Baik Mavic Air dan Mavic Pro memfilmkan 4K video hingga 30 frame per detik. Tapi tingkat pengambilan gambar puncak Mavic Air adalah 100 Megabits per second (Mbps), yang secara teori telah mengalahkan kualitas yang dihasilkan oleh Mavic Pro yaitu 60 Mbps.


Selain itu, DJI mengatakan bahwa model baru ini dapat menangkap video gerak lambat pada resolusi tinggi 1080p, dan juga memiliki mekanisme gimbal anti goyang yang ditingkatkan untuk menjaga agar rekaman tetap lancar.

Perbedaan utama lainnya adalah:

*. Mavic Air beratnya 430g (0,95 lbs), membuatnya 41% lebih ringan dari Mavic Pro.
*. Saat dilipat ukuran Mavic Air menjadi setengah ukuran Pro.
*. Kecepatan maksimum udara Mavic Air 68,4km/jam (42.5mph) dibandingkan dengan Pro hanya 65km/jam (40mph).
*. Waktu penerbangan maksimum Mavic Air adalah 21 menit, lebih pendek dari pada Pro 27 menit.
*. Rentang kendali maksimum udara Mavic Air 4 km, sedangkan Pro 7 km.


Mavic Air juga memperkenalkan kemampuan yang dapat secara otomatis merangkai 25 foto bersama-sama untuk membuat gambar panorama yang indah. Selanjutnya, jika ia menemukan hambatan di jalurnya, Mavic Air dapat secara otomatis merencanakan rute baru di atas atau di sekitar objek daripada hanya melayang di tempat.

"Ini adalah pesawat tak berawak yang paling portabel, cerdas dan kuat," klaim direktur DJI Amerika Utara pada peluncurannya di New York.
Dia tidak menyebutkan apakah model Pro generasi kedua direncanakan untuk dibuat, karena sesungguhnya masih banyak yang berharap.


Peluncuran Mavic Air datang 16 bulan setelah Pro diluncurkan dan 8 bulan setelah perusahaan China meluncurkan Spark, sebuah quadcopter dengan fitur video yang kurang canggih. Sebaliknya, saingan utamanya GoPro hanya berhasil melepaskan satu pesawat tak berawak - Karma - selama periode yang sama, dan harus ditarik sementara dari penjualan setelah sebuah kesalahan menyebabkan beberapa unit jatuh dari langit.

Awal bulan ini, perusahaan AS tersebut mengumumkan bahwa mereka telah menghentikan bisnis pesawat tak berawak, meskipun ironi sebab sebelumnya mereka mengatakan bahwa pihaknya sedang mengerjakan sebuah sekuel.


Dan meninggalkan perusahaan Cina lainnya Yuneec, sebagai pesaing utama DJI. Namun, pangsa pasarnya jauh lebih kecil. Menurut sebuah laporan oleh Skylogic Research, DJI menyumbang 72% dari seluruh penjualan pesawat tak berawak dengan kisaran harga $500 sampai dengan $1.000 di AS pada tahun lalu hingga September. Sedangkan Yuneec hanya 7%.


"DJI telah mendominasi pasar selama bertahun-tahun, namun tetap harus dilihat seberapa banyak inovasi yang terus berlanjut tanpa persaingan yang nyata," lanjut Bloom.

"Kami telah melihat perlambatan peluncuran: Phantom terbaru biasanya keluar setiap tahun namun Phantom 4 belum diganti meskipun terakhir diluncurkan pada bulan April 2016."


Source: BBC


*** Jika kamu memiliki pertanyaan, kritik, saran dan opini silahkan follow facebook kami dan kirim pesan disana.

Artikel Terkait

DJI Meluncurkan 'Ultraportable' Drone Mavic Air
4/ 5
Oleh