20 Feb 2018

Review Xiaomi Redmi Note 5

Tidak dapat disangkal bahwa Xiaomi memiliki keunggulan pada segmen anggaran di pasar smartphone Indonesia. Seri Redmi dan Redmi Note dari produsen China ini telah menjadi sangat populer, sehingga Redmi 5A baru-baru ini menjadi smartphone yang banyak diminati di Indonesia. Hal itu dapat kita lihat dari setiap penjualan flash sale Xiaomi Redmi 5A selalu ludes terjual hanya dalam beberapa menit. Menunjukkan betapa tinggi antusias masyarakat terhadap ponsel ini. Makin mengukuhkan brand Xiaomi menjadi salah satu brand smartphone terpopuler di Indoneia, bersaing dengan brand Samsung dan lainnya.

Setahun setelah peluncuran Redmi Note 4, Xiaomi akhirnya mengeluarkan sebuah model baru untuk menggantikannya. Redmi 5 Plus yang diluncurkan pertama kali di China, yang juga dikenal dengan nama lain sebagai Redmi Note 5, dan telah diposisikan sebagai penerus Redmi Note 4.

Desain

Redmi Note 5 adalah smartphone pertama yang memiliki layar dengan rasio 18:9 dari seri Redmi. Sebenarnya, itulah hal pertama yang menarik perhatian saat pertama kali memegang telepon ini. Memiliki luas layar 5,99 inci dengan sudut yang membulat seperti halnya pada Google Pixel 2 XL.

Xiaomi Redmi Note 5

Layar IPS LCD touchscreen full-HD memiliki resolusi 1080 x 2160 pixel dengan kerapatan 403 ppi ini dilapisi oleh 2.5D Corning Gorilla Glass 3 untuk perlindungan. Format layar yang tinggi memanjang berarti terdapat bezel tipis di sisi samping namun sedikit lebih besar di bagian atas dan bawah.

Ada kisi-kisi lubang logam metalik tersembunyi dan kamera selfie dengan lampu kilat LED yang tersebar di atasnya.

Ponsel ini memiliki bodi logam dengan tutup plastik di bagian atas dan bagian bawah belakang untuk antena. Rasio aspek layar baru membuat ponsel tergolong sempit dan tinggi. Beratnya 180 g, tapi karna bagian sisi yang melengkung membuat ponsel mudah dipegang dan digunakan di satu tangan.

Xiaomi Redmi Note 5 memposisikan tombol power dan volume di bagian sisi kanan sedangkan dudukan dual-SIM hybrid ada di sebelah kiri. Tombol power mudah dijangkau sementara tombol volume memerlukan sedikit peregangan untuk mencapainya.

Ponsel ini memiliki port Micro-USB di bagian bawah dengan kisi-kisi di kedua sisinya yang salah satunya merupakan speaker sedangkan yang lainnya hanya untuk aksesori. Ponsel ini juga memiliki pemancar inframerah di bagian atas, yang bisa berguna sebagai remote untuk mengendalikan peralatan IR seperti TV, AC dll,

xiaomi redmi note 5

Di bagian belakang, Xiaomi Redmi Note 5 menggunakan desain yang sama seperti Redmi Note 4 dengan memosisikan kamera belakang, lampu kilat LED dual-tone dan pemindai sidik jari di bagian tengahnya. Ponsel ini tampak lebih ramping dari pada Redmi Note 4 namun modul kamera yang sedikit menonjol menyebabkannya menjadi tidak rata saat diletakkan di atas permukaan yang datar.
Xiaomi akan menjual Redmi Note 5 dalam empat warna, yaitu Gold, Black, Rose Gold, dan Blue.


Spesifikasi dan software

Jika membandingkan spesifikasi antara Redmi Note 4 dan Redmi Note 5 maka tidak banyak yang berubah, karena keduanya sama-sama didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 625. Pihak Xiaomi mengatakan bahwa "produk tersebut masih cukup kuat untuk segmen ini, karna memiliki manajemen thermal yang baik."

Snapdragon 625 memiliki delapan core Cortex-A53 dengan clock 2.0GHz dan GPU Adreno 506 untuk grafis. Redmi Note 4 dengan RAM 2GB dan Memori Internal 16GB tersedia dengan kisaran harga Rp 2.100.000;. Namun sekarang dengan Redmi Note 5, kamu sudah bisa mendapatkan RAM 3GB dan Memori Internal 32GB dengan harga yang sama. Ada juga varian dengan RAM 4GB dan penyimpanan 64GB, dengan kisaran harga Rp 2.600.000;.


Redmi Note 5 memiliki kamera utama 12 megapiksel, di atas kertas memiliki resolusi lebih rendah bila dibandingkan dengan kamera 13 megapiksel milik Note 4.

Ponsel ini memiliki slot dual-SIM hybrid dimana kamu harus memilih salah satu yaitu digunakan untuk dua SIM card sekaligus atau satu untuk SIM card dan satu lagi untuk kartu microSD hingga 128GB. Memiliki dukungan Bluetooth 4.2, Dual-band Wi-Fi, GPS, USB-OTG, dan FM Radio.

Xiaomi menggunakan baterai 4000mAh untuk Redmi Note 5, yang sedikit lebih kecil dari baterai Note 4 pendahulunya 4100mAh. Baterai yang digunakan Non Removeable berarti tidak dapat dilepas dan Xiaomi mengunakan pengisi daya standar 5V, 2A di dalam kotak meskipun ponsel telah mendukung Qualcomm Quick Charge.

Dari sisi perangkat lunak Xiaomi Redmi Note 5 berjalan di Android 7.1.2 Nougat dengan MIUI 9. Skin Xiaomi berbeda dengan milik Android, bagi pengguna lama MIUI maka sudah terbiasa, namun bagi pengguna baru memerlukan beberapa waktu untuk membiasakan diri.

Menu Pengaturan yang ditata ulang membuat kami menjadi lebih sering menggunakan fungsi pencarian. MIUI mendukung Dual Apps dan Second Space yang membantu kamu menyimpan data pribadi dengan aman. Kamu juga bisa menyeting gestur yang dapat digunakan untuk mengambil screenshot atau membuka aplikasi dengan cepat.

Ada cukup banyak aplikasi terinstal di dalam ponsel ini seperti: beberapa milik Google, Microsoft, Komunitas Mi milik Xiaomi sendiri, Mi Store, Mi Remote, Manajer file Mi, Mi Video, Aplikasi Amazon, Hungama, dan WPS juga telah ikut terinstal. Aplikasi Google dan beberapa aplikasi Mi tidak dapat dihapus sedangkan yang lainnya bisa di uninstall untuk melegakan ruang penyimpanan.


kinerja, kamera, dan masa pakai baterai

Redmi Note 4 merupakan salah satu smartphone yang cukup sempurna di kelasnya, hanya ada sedikit ponsel yang bisa menandinginya dengan harga yang sama. Xiaomi telah menyimpan formula itu dan menjadikan Note 5 mendapatkan formula yang sama yaitu hardware yang tangguh seperti pendahulunya.

Tidak adanya kelambanan atau gagap di UI, sementara aplikasi dasar loading dengan cepat, aplikasi besar juga tidak terlalu lambat. Cukup untuk multitasking tanpa ada aplikasi yang terbunuh di latar belakang. Saat menjalankan tolok ukur, kinerja Redmi Note 5 serupa dengan apa yang ditawarkan oleh Note 4. Redmi Note 5 berhasil mencetak skor 871 dan 4333 dalam tes single core dan multi-core Geekbench 4. Sedangkan di AnTuTu, berhasil meraih 77.682, dan nilai grafisnya di GFXBench adalah 18fps.

Media player Redmi Note 5 berfungsi sangat bagus. Itu terbukti dengan berhasilnya memutar semua format audio dan video yang diputar.

Layarnya memiliki sudut pandang yang baik dan output warnanya bisa di-tweak agar sesuai dengan keinginan anda. Cukup terang untuk dapat dilihat di bawah sinar matahari langsung. Sedangkan speaker cukup keras untuk menikmati konten menarik. Namun, berhati-hatilah untuk tidak meredam kisi-kisi speaker dengan telapak tangan.

Redmi Note 5 berhasil bertahan lebih lama dari Redmi Note 4 dalam tes uji baterai. Meski Note 5 memiliki baterai berkapasitas lebih rendah dan layar lebih besar dibandingkan Note 4, namun berhasil bertahan selama 16 jam 8 menit dalam uji coba memutar video HD. Sedangkan Note 4 hanya berhasil bertahan selama 15 jam 10 menit dengan pemutaran video yang sama.

Ponsel Redmi Note 5 ini sangat hemat tenaga, dan berhasil bertahan satu hari penuh dengan penggunaan ringan hingga sedang. Ponsel ini sangat baik saat modus siaga karna tidak kehilangan banyak daya saat ponsel menganggur. Untuk masalah pengecasan disertai charger pengisian cepat di dalam kotak pembelian.

kamera redmi note 5

Redmi Note 5 memiliki sensor kamera yang ditingkatkan namun perangkat lunaknya tetap sama seperti sebelumnya. Saat membuka aplikasi kamera, kamera diatur ke mode otomatis secara default. Kamu dapat memilih antara mode Manual, Beauty, dan Panorama dengan pemandangan yang berbeda. Mode Manual agak dibatasi dan hanya memberi kendali atas White Balance dan ISO. Ada tombol cepat untuk beralih ke HDR dan itu saja.

kamera redmi note 5

Foto yang diambil menggunakan Xiaomi Note 5 di siang hari dengan pencahayaan yang kurang ternyata hasilnya cukup bagus. Lansekap yang diambil di siang hari memiliki detail yang bagus. Kamera ponsel yang cepat fokus sangat membantu saat memotret macro. Pemotretan makro ternyata lebih baik dari perkiraan, dengan detail yang bagus.

Foto yang diambil dengan HDR diaktifkan memiliki detail lebih baik di daerah yang lebih gelap, namun pada tempat terang bisa terlihat seperti terbakar. Warna merah juga tampak sedikit jenuh dengan HDR yang diaktifkan.

kamera xiaomi note 5

Dalam pencahayaan rendah, kamera secara otomatis beralih ke mode malam hari. Tembakan lanskap memiliki suara rendah dan sangat halus, dan hanya terlihat saat memperbesar ukuran penuh. Redmi Note 5 berhasil menangkap detail dengan cukup baik, bahkan teks di kejauhan masih dapat terbaca. Tembakan makro membutuhkan tangan yang tidak bergoyang saat pengambilan gambar namun hasilnya cukup bagus.

kamera xiaomi note 5

Redmi Note 5 memiliki flash selfie yang sangat berguna saat selfie dalam cahaya rendah. Aplikasi ini memiliki mode kecantikan yang bisa diatur untuk mengubah gambar secara otomatis, atau bisa pula mengatur tingkat kecantikan secara manual.
Rekaman video maksimal 4K untuk kamera belakang dan 1080p untuk kamera depan. Video yang dihasilkan cukup bagus. Namun sayangnya tidak ada fitur stabilisasi, tapi itu bukanlah masalah untuk ponsel dengan harga ini.



Kesimpulan

Xiaomi cukup inovatif dengan seri Redmi Note-nya. Dimana Redmi Note 3 menunjukkan betapa tangguhnya smartphone namun masih dapat terjangkau, Redmi Note 4 membuat terkesan dengan hemat energinya.

Xiaomi tampaknya sedang bermain aman dengan Redmi Note 5, karna kita bisa merasakan formula Redmi Note 4 namun dengan layar yang lebih baik dan harga yang lebih murah yang sebenarnya bukan hal buruk. Dibutuhkan fondasi yang kokoh untuk meningkatkannya. Dengan harga kisaran mulai dari Rp 2,1 juta Redmi Note 5 menawarkan ponsel yang luar biasa. Jika kamu menginginkan sedikit lebih banyak dari segi fitur dan tenaga bisa coba mengecek Redmi Note 5 Pro.


Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi Note 5

Harga
* Rp 2,1 Jutaan (RAM 3GB / ROM 32GB)
* Rp 2,6 Jutaan (RAM 4GB / ROM 64GB)

JARINGAN
* Teknologi GSM / HSDPA / LTE
* 2G GSM 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
* 3G HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
* 4G LTE 1(2100), 3(1800), 4(1700/2100), 5(850), 7 (2600), 8(900), 20(800), 38(2600), 40(2300)GPRS
* SIM Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

DESAIN
* Dimensi: 158.5 x 75.5 x 8.1 mm (6.24 x 2.97 x 0.32 inci)
* Berat: 180 gram (6.35 ons)
* Depan: kaca, bingkai aluminum frame
* Belakang: plastic ends
* Warna Hitam, Emas, Biru, Pink

LAYAR
* Jenis: IPS LCD capacitive touchscreen, 16 Juta warna
* Ukuran: 5.99 Inci dengan resolusi 1080 x 2160 px
* Rasio 18:9 dengan kerapatan 403 ppi
* Perlindungan Corning Gorilla Glass Versi 3

PLATFORM
* Chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625
* CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
* GPU Adreno 506
* OS Android Nougat 7.1.2, MIUI 9

PENYIMPANAN
* Internal 32 GB / 64 GB
* MicroSD hingga 256 GB

KAMERA
* Belakang 12 MP (f/2.2, 1.25 μm), phase detection autofocus, dual-LED dual-tone flash
* Fitur: Geo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah/senyum, panorama, HDR
* Video 2160p @30fps, 1080p @30fps
* Depan 5 MP, 1080p

SUARA
* Jenis Alert: Vibrasi, MP3, WAV ringtones
* Pembatalan bising aktif dengan mic khusus

KONEKTIVITAS
* WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
* Bluetooth4.2, A2DP, LE
* USB MicroUSB 2.0, USB On-The-Go
* Radio FM
* GPS A-GPS, GLONASS, BDS
* Infra Merah

SENSOR
* Fingerprint: di bagian belakang
* Accelerometer
* Gyroscope
* Proximity
* Compass

BATERAI
* Kapasitas 4000 mAh
* Non Removable
* Pengisian Cepat 5V/2A
* Talk Time Hingga 22 jam (3G)
* Web Browsing Hingga 13 jam
* Video Playback Hingga 14 jam

FITUR
* Browser HTML5
* ANT+ support
* Photo/Video Editor
* MP3 Player: MP3/WAV/eAAC+/Flac player
* MP4 Player: XviD/MP4/H.265 player
* Document viewer

Source: 360

Artikel Terkait

Review Xiaomi Redmi Note 5
4/ 5
Oleh